11 Manfaat Lempuyang bagi Kesehatan Yang Sering Kita Jumpai di Ladang

Kabar Desa Lingkungan Potensi Desa Produk Desa

Kesehatan; Dikampung halaman kita didesa sangat amat banyak tanaman yang bermanfaat bagi kita semuanya. Ada banyak jenis tanaman herbal yang disediakan alam dan bisa kita manfaatkan untuk berbagai keperluan medis. Satu dari sekian banyak tanaman herbal tersebut adalah lempuyang. Tanaman ini tunasnya bisa kita konsumsi, dimasak jadi sayuran oleh warga. Kerap muncul saat musim berkebun, diladang-ladang tumbuh sangat subur. Sama seperti tanaman herbal lainnya, manfaat lempuyang bagi kesehatan sangatlah besar. Lantas, apa itu lempuyang? Apa khasiat lempuyang?

Apa Itu Lempuyang?

Lempuyang adalah nama sejenis tumbuhan rempah yang umumnya tumbuh di daerah tropis dengan ketinggian maksimal 1200 mdpl.

Lempuyang yang memiliki nama ilimiah Zingiber Zerumbet L ini selanjutnya terbagi ke dalam 3 (tiga) varietas, yakni lempuyang pahit (Zingiber amaricanus BL), lempuyang gajah (Zingiber zerumver Sm), dan lempuyang wangi (Zingiber araomaticum Val).

Manfaat Lempuyang bagi Kesehatan

Lempuyang sudah sejak lama digunakan sebagai medium pengobatan tradisional. Manfaat lempuyang tak lepas dari sejumlah zat yang dikandung oleh tanaman yang hematnya disebut ‘puyang’ tersebut. Alkaloids, folifenol, terpenes, monoterpen, seskuiterpen, senyawa fenolik adalah kandungan utama lempuyang yang disebut-sebut memiliki khasiat medis yang besar.

Tak ketinggalan, minyak esensial yang dihasilkan oleh lempuyang mengandung senyawa aktif berupa caryophyllene, hemulene, zerumbone, dan zingiberene yang dapat memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh.

Berikut ini adalah manfaat tanaman lempuyang yang penting untuk Anda ketahui:

1. Mengatasi Infeksi

Berdasarkan sejumlah studi yang pernah dilakukan, ditemukan fakta bahwasanya ekstrak rimpang dari lempuyang (lempuyang wangi) efektif untuk mengobati infeksi pada tubuh yang disebabkan oleh bakteri.

Manfaat lempuyang yang satu ini utamanya untuk mengatasi bakteri Bacillus subtilis, yang tak lain merupakan bakteri penyebab penyakit seperti endokarditis, infeksi mata, dan meningitis.

Tak hanya itu, bakteri Salmonella typhi yang menjadi pemicu penyakit tifus juga bisa dibasmi oleh ekstrak rimpang lempuyang wangi tersebut.

2. Menurunkan Kadar Gula Darah

Bagi para penderita diabetes, mengonsumsi ekstrak lempuyang juga sangat dianjurkan. Pasalnya, khasiat lempuyang juga termasuk untuk menurunkan kadar gula darah.

Dari hasil penelitian yang dilakukan, ditemukan fakta bahwasanya ekstrak etanol yang dihasilkan dari lempuyang pahit (Zingiber amaricanus BL) efektif dalam menurunkan kadar glukosa darah. Pun demikian dengan ekstrak etanol dari spesies lempuyang yang lain yakni lempuyang gajah (Zingiber zerumver Sm).

3. Meredakan Kejang-Kejang

Manakala Anda mengalami kejang-kejang, tanaman lempuyang bisa dijadikan alternatif pengobatan untuk meredakan kejang-kejang tersebut.

Khasiat lempuyang dalam mengatasi kejang-kejang tak lain karena tanaman ini mengandung zerumbon, senyawa yang menurut studi dapat meredakan gejala kejang-kejang.

Bbelum dapat diketahui secara pasti seberapa besar efektivitas lempuyang dalam mengobati kejang-kejang. Jika kejang belum juga mereda pasca diberikan lempuyang, maka segera kunjungi dokter.

4. Mengobati Gatal-Gatal Akibat Alergi

Di antara pelbagai manfaat tanaman lempuyang, mengobati gatal-gatal yang disebabkan oleh reaksi alergi mungkin menjadi yang paling populer. Banyak orang yang sudah membuktikan khasiat lempuyang yang satu ini.

Adanya senyawa yang bersifat antihistamin lantas berperan penting dalam menghasilkan manfaat lempuyang dalam mengatasi reaksi alergi berupa gatal-gatal.

5. Menambah Nafsu Makan

Nafsu makan yang mengalami penurunan juga bisa diatasi dengan cara mengonsumsi rimpang lempuyang secara rutin.

Utamanya bagi anak-anak yang kerap dilanda hilang nafsu makan, Anda sebagai orang tua bisa memberikan mereka ekstrak lempuyang agar nafsu makan mereka kembali lagi.

Selain menambah nafsu makan, manfaat lempuyang juga bisa menjadi obat cacing alami yang diklaim efektif untuk mengatasi masalah cacingan pada anak. Tak heran, tanaman ini kerap masuk ke dalam komposisi produk jamu atau ramuan tradisional khusus anak.

6. Mencegah Kanker

Siapa sangka, tanaman lempuyang ternyata juga memiliki khasiat untuk mencegah pertumbuhan sel kanker yang mematikan, lho!

Studi yang telah dilakukan berhasil mengungkap fakta manfaat tanaman lempuyang yang satu ini. Diketahui bahwasanya esktrak etanol dari lempuyang wangi memiliki sifat antikanker yang sangat potensial. Adalah zerumbone, yang mana zat ini tergolong ke dalam senyawa terpenoid, senyawa yang memiliki sifat antioksidan, pun anti-inflamasi.

Kendati fakta mengenai khasiat lempuyang dalam mencegah kanker ini belum sepenuhnya kuat, namun tak ada salahnya bagi Anda untuk mengonsumsi tanaman ini sebagai salah satu cara untuk meminimalisir risiko kanker.

7. Mengobati Penyakit Lambung

Kandungan lempuyang yang kaya akan berbagai jenis senyawa aktif nyatanya sangat bermanfaat untuk lambung. Mulai dari merawat kesehatan fungsi lambung hingga mengatasi sejumlah masalah lambung seperti refluks asam lambung dan tukak lambung.

Anda bisa mengonsumsi lempuyang dengan cara dihidangkan dalam bentuk minuman hangat guna mengatasi gejala-gejala yang ditimbulkan akibat penyakit lambung, seperti perut mual, dada terasa nyeri, dan sebagainya.

8. Menurunkan Berat Badan

Meski belum dapat diketahui secara pasti apa korelasi antara lempuyang dengan manfaat menurunkan berat badan, namun tanaman ini kerap direkomendasikan oleh para praktisi jamu tradisional sebagai ramuan yang ampuh untuk menurunkan berat badan.

Anda yang kini sedang dalam program diet menurunkan badan, tak ada salahnya untuk mengonsumsi lempuyang ini walaupun efektivitasnya belum teruji. Tentunya sambil tetap dibarengi dengan cara menurunkan berat badan yang lainnya, ya.

Tanaman Lempuyang

9. Mengatasi Pembengkakan Kaki Pasca Melahirkan

Kaki yang membengkak adalah gejala umum yang dirasakan para wanita yang baru saja melahirkan. Guna mengatasi kaki bengkak ini, para wanita dianjurkan untuk memanfaatkan tanaman lempuyang. Mengonsumsi tanaman lempuyang selama beberapa minggu pasca melahirkan dipercaya dapat mengempiskan bengkak yang muncul pada kaki.

Selain itu, ada juga manfaat lempuyang bagi rahim, yakni menjaga Rahim dari pelbagai masalah, termasuk kanker Rahim yang kerap menjadi momok bagi para wanita. Adanya zat antioksidan di dalam lempuyang menjadi alasan mengapa tanaman ini layak Anda konsumsi untuk mencegah munculnya sel-sel kanker pada Rahim.

10. Mengatasi Penuaan Dini

Manfaat lempuyang yang juga tak boleh Anda lewatkan adalah, dapat mengatasi masalah penuaan dini—terutama pada wajah—yang ditandai dengan munculnya kerutan, garis-garis halus, dan flek hitam.

Manfaat lempuyang untuk wajah ini dihasilkan oleh kandungan senyawa antikosidan di dalamnya, yang mana senyawa tersebut berfungsi untuk melindungi sel-sel kulit wajah agar jangan sampai mengalami kerusakan yang menjadi pemicu terjadinya penuaan dini tersebut.

Jadi, bagi Anda yang tidak ingin mengalami penuaan dini, baiknya mulai dari sekarang rajin-rajinlah mengonsumsi lempuyang untuk mendapatkan manfaat lempuyang yang satu ini.

11. Mengatasi Masuk Angin

Sama halnya seperti jahe, lempuyang juga memiliki efek menghangatkan, sehingga tanaman ini sangat cocok untuk Anda konsumsi manakal sedang dilanda masuk angin.

Rebus lempuyang sampai mendidih, kemudian minum air rebusannya selagi hangat. Anda bisa mencampurkan air rebusan dengan jeruk lemon untuk menambah cita rasanya.

Itu dia sederet manfaat lempuyang bagi kesehatan tubuh. Mulai dari manfaat kecil hingga besar, rasanya sayang sekali jika Anda sampai melewatkan tanaman yang satu ini untuk dijadikan konsumsi sehari-hari. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!

Sumber : https://doktersehat.com/manfaat-lempuyang/

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan