Pemuda Pasirhuni dan Penyadap, Produksi Gula Semut Untuk Pameran HUT Cianjur

Pemuda dan penyadap gula aren Kampung Pasirhuni Desa Cikadu Kecamatan Cikadu Kabupaten Cianjur Jawa Barat ini, olah gula aren jadi gula semut. Gula semut hasil olahan tersebut dipamerkan di Hari Ulang tahun Kabupaten Cianjur yang ke 340 tahun, oleh pihak Kecamatan Cikadu 13-15 juli 2017 lalu. 

Samsul, Nuron beserta ibu-ibu pengolah gula aren telah membuat olahan inovasi dari gula aren ini, yang biasanya dicetak ganduan saja. Menurut ibu pengerjaannya yang sedikit rupit dan lama. Akan tetapi gula semut ini dari segi harga sangat berbeda jika dibandingkan gula cetak biasa yang dihargai 7000 – 10.000 rupiah ditingkat penyadap, 6/7/2017. 


Pengolahan Gula Semut atau GULASE istilah di kampung Pasirhuni Cikadu, diolah untuk siap konsumsi atau untuk pelengkap bumbu dapur, kopi, teh, dan makanan. Sedangkan yang siap konsumsi ditambahkan jahe merah yang menyegarkan badan. 

PO : 08562379089 (WA) 


About Pemdes Cikadu 40 Articles
Sistem Informasi Desa Cikadu dikelola oleh Redaksi (SID) Desa Cikadu Kecamatan Cikadu Kabupaten Cianjur Provinsi Jawa Barat - Indonesia 43276

Jadi yang Pertama Berkomentar

Leave a Reply