Camat Terharu di HUT Kecamatan Cikadu dan Kemeriahan Seni Budayanya

Kamis, 7 September 2017, Camat Cikadu, Wodi Efyana,SE memimpin upcara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kecamatan Cikadu ke 16, tahun 2017 di Alun-alun Koleberes Desa Cikadu Kecamatan Cikadu Kabupaten Cianjur Jawa Barat, yang dihadiri lapisan masyarakat, tokoh agama, UPTD, Pemerintahan Desa dan Anak-anak sekolah turut melengkapi pada upacara tahunan tersebut.

Camat Cikadu menyampaikan rasa bahagianya dengan antusias masyarakat yang begitu besar menyambut HUT Cikadu ke 16 ini, “saya sebagai pelayan masyarakat Kecamatan Cikadu, bahwa barusan melaksanakan hari jadi Kecamatan Cikadu ke 16 tahub, saya sagat terharu bahwa warga masyarakat, terlebih para tokoh masyarakat, ulama, serta kepala desa, bahwa HUT Kecamatan Cikadu ini setiap tahun diselenggarakan dan hikmahnya bagi warga masyarakat itu dalam rangka mengingatkan bahwa Kecamatan Cikadu merasa dimiliki oleh warga masyarakat,” ucapnya saat ditemui dikantornya, usai melaksanakan upacara.

Camat Cikadu sangat termotivasi oleh warga masyarakat dan ingin memajukan Cikadu ini, pertama ingin memajukan dan meningkatkan ekonomi masyarakat dibidang pertanian, kedua bahwa saya dalam sambutan berpesan kepada warga masyarakat sesuai dengan slogan Kecamatan Cikadu, Cikadu ini SAUYUNAN NGAWAWUNG LEMBUR, untuk kedepan lebih maju dan agamis sesuai Sapta Cipta Kabupaten Cianjur yang diamanahkan kepada kami untuk disampaikan kepada warga masyarakat yaitu 7 gerakan keagamaan. Dalam 7 gerakan keagamaan ini mudah-mudahan mendorong warga masyarakat bahwa Kecamatan Cikadu yang paling jolok dari ibukota Kabupaten Cianjur, mudah-mudahan dengan adanya gerakan keagamaan di Cikadu lebih maju dan mandiri, juga agamis, ekonominya meninggkat dan insparastruk jalan terlaksanan.

Kaitan dengan HUT Cikadu, Camat menjelaskan dalam kegiatan HUT ini bersama warga masyarakat, kepala desa, kepala UPTD, memaparkan mengenai kegiatan pertunjukan seni dan budaya daerah dari mulai tanggal 3 September – 9 September 2017 atau sabtu malam minggu, beliau pun ingin melihat potensi kesenian daerah dan kebudayaan ini dibangkitkan, demi tidak hapusnya atau hilangnya budaya Kecamatan Cikadu, khususnya jawa barat.

“Selamat kepada warga masyarakat khususnya dari saya secara pribadi maupun pemerintah, mengucapkan selamat ulang tahun Kecamatan Cikadu yang ke 16 tahun, tahun 2017, Cikadu Sauyunan Ngawangun Lembur. terima kasih.” pungkasnya.

Menurut Ketua PHBN Kecamatan Cikadu, Saepul Malik, bahwa HUT Cikadu yang ke 16 tahun ini, telah dilaksanakan mulai tanggal 3 September 2017 dengan pembukaan awal kegiatan olah raga. “Alhamdulillah kita panitia hari jadi Kecamatan Cikadu dengan mengambil tema, Cikadu Sauyunan Ngawangun Lembur dan kita mengusung salah satu program pemerintah Kab. Cianjur yaitu 7 gerakan keagamaan dan salah satu dari program tersebut kita adopsi di Hari Jadi Kecamatan Cikadu, yaitu kegiatan Tablig Akbar yang insyaallah akan diadakan pada Kamis malam atau malam jum’at tanggal 7 Sep 2017,” ucapnya, kepada admin saat ditemui dilobi kantor kecamatan.

Saepul juga menunuturkan secara pribadi, dia merasa bangga karena penyelenggaraan kegiatan ini sangat didukung oleh seluruh masyarakat Cikadu dan terutama dia atas nama panitia menyampaikan rasa terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya terutama untuk kepala desa yang ada diruang lingkup Kecamatan Cikadu, berkat dorong baik bantuan materi atau bantuan lainnya, kegiatan Hari Jadi Kecamatan Cikadu sangat tidak mungkin bisa terlaksana.

Ii Cahyana, tokoh pemuda pun ikut menyampaikan ucapan selamat untuk hari jadi Kecamatan Cikadu yang ke 16, “Semoga dengan segala kegiatan ini mudah-mudahan ada manfaatnya khususnya untuk warga Kecamatan Cikadu dan kami juga mengucapkan terima kasih kepada panitia yang sudah menyelenggarakan hari jadi Kec. Cikadu ini,” ucapnya.

Sejarah Singkat Kecamatan Cikadu

Kecamatan Cikadu merupakan wilayah yang terletak di selatan Kabupaten Cianjur, awalnya Kecamatan Cikadu adalah bagian dari Kecamatan Cibinong.
Kecamatan cikadu mulai merencanakan pemekarannya pada tahun 1989 yang pada waktu itu masih kematren Cikadu atau perwakilan kecamatan yang terdiri dari 6 desa yaitu desa Cikadu yang meliputi desa mekarlaksan, Desa padaluyu yang meliputi desa sukaluyu, desa kelapanunggal yang meliputi desa mekarjaya, desa mekarwangi, desa cisaranten, desa sukamulya yang meliputi desa sukamanah.
Pemekaran kecamatan Cikadu berkat peran serta para tokoh yang ada di wilayah kecamatan Cikadu yaitu:
1. Bapak Abdul Hamid (kepala desa Cikadu)
2. Bapak Didin Apendi (kepala desa Padaluyu)
3. Bapak Dahma (kepala desa Cisaranten)
4. Bapak Ibrahim (kepala desa Kalapanunggal)
5. Bapak Daman Sumarli (kepala desa Mekarwangi)
6. Bapak Pepe Sape’i (kepala desa Sukamulya)
Selain para kepala desa juga didukung oleh para tokoh masyarakat yang ada di wilayah kecamatan Cikadu.
Atas dukunganan tokoh tersebut maka terbentuklah kemantren Cikadu pada tahun 1989 dengan kepala perwakilan yang menjabat yaitu :
1. Bapak Bisri Herdiana dari tahun 1989 -1992
2. Bapak Tisna Wijaya dari 1992-1994
3. Bapak Hadmo Sutaryono dari 1994-1996
4. Bapak Suherman dari 1996-2000
Dan pada saat kepemimpinan Bapak Suherman tepatnya Tanggal 31 Oktober tahun 2001 terbentuklah Kecamatan Cikadu dengan camat yang pertama yaitu:
1. Bapak Suherman dari 2001-2002
2. Bapak Yeyen dari 2002-2004
3. Bapak Hendrik dari 2006-2007
4. Bapak Cecep Djaja Rahmat dari 2007-200
5. Bapak Cecep Djaja Rahmat 2008-2010
6. Bapak Dedi Sobandi dari 2010-2012
7. Bapak Firma Edi dari 2012-2014
8. Bapak Acep Junaedi dari 2014-2016
9. Bapak Wodi Efyana 2016 sampai sekarang
Demikian sejarah singkat terbentuknya Wilayah Kecamatan Cikadu.

 

 

About Pemdes Cikadu 40 Articles
Sistem Informasi Desa Cikadu dikelola oleh Redaksi (SID) Desa Cikadu Kecamatan Cikadu Kabupaten Cianjur Provinsi Jawa Barat - Indonesia 43276

Jadi yang Pertama Berkomentar

Leave a Reply