Penanaman Pohon di Cikadu Dilakukan Secara Swadaya

Wodi Efyana, Camat Cikadu, pimpin langsung penanaman pohon

Penanaman Pohon dihutan lindung Cibeurem, Cikadu yang dilaksanakan oleh unsur muspika Kecamatan Cikadu diantaranya Danposmi, Pospol, Dinkes, PPKBP3A, Pemdes Cikadu, beserta masyarakat, Pelajar SMKN 1 Cikadu dan Organisasi Kepemudaan yang ada di Kecamatan Cikadu Kabupaten Cianjur, didukung penuh oleh pihak Perhutani, telah melaksanakan penanaman beragam jenis pohon, Rabu pagi, 13/12/2017.

Menurut Saepul Malik, warga Cikadu, kawasan hutan lindung Cibeurem Desa Cikadu yang berbatasan dengan Desa Mekarlaksana Kecamatan Cikadu, saat ini dalam kondisi kritis akibat pembukaan lahan oleh sebagian warga Cikadu. Adapun penanaman pohon semacam ini dilakukan atas inisiatif warga yang kwatir akan dampak kurang baik bagi kelangsungan hidup masyarakat Cikadu dan sekitarnya.

“Kegiatan ini sangat betul-betul kami dukung, karen kalau memang kita lihat dikawasan tersebut memprihatinkan, dengan adanya warga yang membuka lahan dan dalam hal ini kami sebagai warga Cikadu sangat kwatir. Dengan keadaan hutan lindung daerah/kawasan Cibeurem itu merupakan daerah sumber mata air untuk warga Cikadu terutama warga Koleberes dan kedusunan cigerenem,” ungkap Saepul, 13/12.

Menurutnya dari kawasan tersebut sumber mata air mengalir ke sungai Cijengkol dan Cisereh dimana sunagi tersebut sangat dibutuhkan warga Koleberes Cikadu, kalau memang kita melihat kondisi dilapangan sangat mengkwatirkan.

Saepul dalam pernyataannya memohon kepada para petugas dalam hal ini yang berkaitan dengan hutan, karena dengan kebijakan merekalah warga Cikadu sangat mengharapkan ketegasan dari para petugas. Saat ini Saepul sudah berkoordinasi dengan petugas perhutani.

“Seandainya dari kegiatan ini tidak ada tindak lanjut atau tidak ada kelanjutannya ini sangat disayangkan, karena kalau kita melihat dilapangan betul sangat mengkwatir, sebagaimana sambutan dari pak camat, beliau sangat apresiasi dan dengan dorongan pak Camat juga, kegiatan ini alhamdulillah bisa berjalan,” tambahnya.

Menurut paparannya petugas kehutanan yang tergabung dikegian tersebut, mereka sangat respon dan mengapresiasi kepada warga masyarakat Cikadu dan mereka juga menyampaikan terima kasih, isnyaallah untuk kedepannya akan berlanjut juga kepada rekan-rekan kepemudaan dalam hal ini Pemuda Pancasila, semua unsur sangat mengharapkan bantuan pengawasannya, dan rencananya setelah kegiatan ini mungkin 2 minggu kedepan kami sebagai warga masyarakat dipinta untuk mengawasi hasil penanaman pohon ini.

“Dengan adanya kegiatan ini kami sebagi warga masyarakat merasa diperhatikan dan ini bukti kepedulian kami sebagai warga terhadap kondisi lingkungan hutan lindung,” pungkasnya.

About Pemdes Cikadu 54 Articles
Sistem Informasi Desa Cikadu dikelola oleh Redaksi (SID) Desa Cikadu Kecamatan Cikadu Kabupaten Cianjur Provinsi Jawa Barat - Indonesia 43276

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan