Dilanda Krisis Air Bersih Warga Pasirhuni Tempuh Jarak 8 KM

Krisis air bersih yang melanda Kp Pasirhuni dan Ganasoli Dusun Karyamukti Desa Cikadu Kecamatan Cikadu Kabupaten Cianjur Jawa Barat ini sudah berlansung sejak lama.

Solusi membangun pipanisasi sebelumnya sudah dilakukan, namun karena debit air kecil dan pengguna terlalu banyak karena bersamaan dengan warga dusun Cilaku, air tidak cukup dan tidak sampai di Kp Pasirhuni dan Ganasoli.

Kini warga Kampung Pasirhuni dan Ganasoli sangat amat kesulitan air bersih. Masjid – masjid, mushola, madrasah, sekolah maupun jamban kering kerontang, tak ada setetespun air mengalir ke jamban sarana tersebut.

Bagi orang yang berduit, masih mampu untuk membeli air dari jasa ojek penjual air bersih dengan tarif Rp 10.000/ jerigen dengan isi ± 30 liter ini didasarkan pada jarak yang cukup jauh untuk mengambilnya, sekitar 2 Km titik sumber air yang masih bisa diambil. Namun nasib malang untuk warga yang amat miskin harus mencari dari sumber sudah mulai mengering, kadang menjadi rebutan hingga harus keluar tengah malam untuk mendapatkan air yang cuma seember.

Selepas shalat Jum’at (3/8/2018) rombongan warga mencoba menyusuri lembah, menerobos hutan lindung, menyisir hulu sungai Ciupih sejauh kurang lebih 8 km, untuk mencari sumber air bersih yang cukup banyak untuk dialirkan ke masyarakat Kampung Pasirhuni dan Ganasoli. Hasil dari pencarian tersebut akan dijadikan materi permohonan Pembangunan Sarana Air Bersih dalam Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa untuk tahun Pembangunan APBDes 2019.

Air bersih saat ini, detik ini juga sangat dibutuhkan oleh masyarakat Kampung Pasirhuni dan Ganasoli Dusun Karyamukti Desa Cikadu Kecamatan Cikadu Kabupaten Cianjur Jawa Barat,Indonesia

Tim Survei :
Wahyudin – Ketua LPM Cikadu, Duyeh – DKM Al Hidayah Pasirhuni, Mulyadi – RW 06, A. Gopur – RT 02 /06 Pasirhuni, Amir, Anang, Ajat, Diman, Kandi dan Hendra

foto/videography oleh A.N. @pandudesa

Facebook Comments
About Pemdes Cikadu 58 Articles
Sistem Informasi Desa Cikadu dikelola oleh Redaksi (SID) Desa Cikadu Kecamatan Cikadu Kabupaten Cianjur Provinsi Jawa Barat - Indonesia 43276

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan