Cikadu Membangun Jawa Barat Selatan, Ini Alasannya

Kabar Desa Lingkungan Pemerintahan

Saat ini (14/10) pembangunan infrastruktur transportasi tengah merambah dimana-mana, tidak hanya dilevel nasional, di level desa-desa ( kampung, nagari, gampong) bahkan pedalaman terus-menerus dilakukan pemerintah pusat hingga pemerintah desa ( pemdes) dari tahun ke tahun, meskipun kepemimpinan terus berganti dari level ganti presiden hingga ganti kepala desa. Pembangunan infrastruktur jalan itu sendiri, saat ini tengah berlangsung di Cikadu Kabupaten Cianjur Provinsi Jawa Barat bagian selatan. Jalan yang dibangun sekarang masih tergolong masih baru, beberapa tahun kebelakang Pemerintah Provinsi Jawa Barat dibawah kepemimpinan Gubernur Aher sapaan Ahmad Heryawan dan Deddy Mizwar, jalan Cikadu – Rancabali (Batas Cianjur – Kab. Bandung) diaktifkan kembali pasca penetapan status Jalan Provinsi yang sebelumnya berstatus Jalan Kabupaten, sisanya jalan yang melintasi kawasan hutan lindung dibuatkan jalan baru dan pelebaran jalan bagi jalan lama.

Jalan Cikadu – Rancabali (Bts. Cianjur – Bandung)

Pembangunan wilayah utara Cikadu ini berdampak positif bagi keberlangsungan perekonomian masyarakat Cikadu, Cianjur dan Bandung, tidak hanya itu aktivitas masyarakat lainnya juga terbantu atas dibangunnya Jalan Cikadu – Rancabali ini. Sejak dibukanya jalur ini hilir mudik kendaraan roda dua maupun roda empat, baik angkutan umum maupun pribadi terus meningkat. Dengan adanya jalan ini waktu tempuh yang biasanya 5 – 8 jam perjalanan ke Pasar atau Terminal Ciwidey kini hanya butuh waktu 2 jam untuk kendaraan umum.

Jalan Cikadu – Rancabali (Bts. Cianjur – Bandung) – yang belum dibangun

Kondisi pembangunan jalan Cikadu – Rancabali saat ini belum rampung seratus persen, masih ada sisa jalan yang masih tanah utuh. Kurang lebih sepertiga jalan yang belum diaspal atau dilakukan pengerasan, hanya beberapa dilokasi tanjakan/ turunan yang diprioritaskan diberi batu untuk memudahkan kendaraan melintasi jalannan tersebut.

Dari Cikadu menuju Sindangbarang, Cianjur pun saat ini terus dibangun, tahap perbaikan jalan terus dilakukan, tahun 2018 sendiri selain pembangunan jalan Cikadu – Rancabali, dijalur menuju selatan Cikadu juga dilakukan pengaspalan berikut pelajaran jalan untuk dua lajur jalan. Hal ini membantu mobilitas masyarakat ke atau dari Cikadu menuju tempat lainnya di Cianjur atau luar Cianjur.

Semoga Jalan Cikadu – Rancabali dan Jalan Cikadu – Sindangbarang Cianjur Selatan ini segera dilanjutkan pembangunannya oleh kepemimpinan Gubernur Ridwan Kamil dan Uu Ruzhanul Ulum, sehingga Cikadu dan wilayah Cianjur Selatan (Sindangbarang, Agrabinta) lainnya lebih dimudahkan akses menuju Bandung atau ibu kota Provinsi Jawa Barat. [nrn/pshn]

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan