Peringatan Hari Sumpah Pemuda di SMKN 1 Cikadu Dimeriahkan Lomba Kreasi Siswa

Kabar Desa Seni dan Kebudayaan Tokoh Masyarakat

Memperingati Hari Sumpah Pemuda (1) yang ke-90 tahun, ratusan siswa di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Cikadu, Desa Cikadu Kecamatan Cikadu, Cianjur menggelar upacara bendera di lapang SMK Cikadu, Senin 29 Oktober 2018.

Kegiatan tersebut diselenggarakan oleh Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) SMKN 1 Cikadu. Selain upacara, kegiatan juga dimeriahkan oleh Lomba Kreasi Siswa dimana setiap jurusan memakai busana dan pernak-pernik berbeda sesuai tema dengan jurusan masing-masing.

Camat Cikadu, Bpk. Woddy Efyana sebagai Pemimpin Upacara Hari Sumpah Pemuda di SMKN 1 Cikadu

Menurut Samsul, seorang Siswa SMK N 1 Cikadu, Sumpah Pemuda adalah peristiwa atau momen bersejarah di Indonesia, dimana para pemuda berkumpul dan bersatu berikrar untuk persatuan Indonesia.

“Jadi kita sebagai generasi pemuda wajib memperingati Sumpah Pemuda karena sebagai salah satu bukti bahwa semangat Pemuda sampai saat ini masih berkobar untuk Satukan Indonesia sesuai dengan tema Bangun Pemuda Satukan Indonesia,” katanya.

Siswa SMKN 1 Cikadu ikuti Upacara Hari Sumpah Pemuda di SMKN 1 Cikadu

“Maka dari itu kami dari pengurus OSIS dan guru – guru SMK Negeri 1 Cikadu memperingati hari Sumpah Pemuda dengan kegiatan yang mudah-mudahan meriah dan dapat bermanfaat bagi seluruh siswa – siswi dan masyarakat yang ada di Desa Cikadu,” tambahannya.

Kreasi Seni Budaya Siswa – Siswi SMKN 1 Cikadu dalam meperingati Hari Sumpah Pemuda

Saat Lomba Kreasi Siswa, Jurusan Agribisnis Tanaman Pangan dan Holtikultura (ATPH) mengambil tema Petani yang semua siswa jurusan ini memakai busana petani pejuang, mereka berlomba-lomba mempersiapkan busana, ada yang pakai kebayaada yang pakai topi khas petani, yang membawa cangkul, ada juga sebagian siswa yang membawa dong dang (kesenian sunda). Adapun hasil bumi semua berisikan tanaman, buah-buahan, sayur-sayuran dan lain sebagainya.

Penulis : Samsul Siswa SMKN 1 Cikadu

Editor Istimewa : Adi Permana, mantan wartawan di Harian Galamedia yang sekarang menjadi Humas di ITB.

*1) Sumpah Pemuda  adalah satu tonggak utama dalam sejarah pergerakan kemerdekaan Indonesia. Yang dimaksud dengan “Sumpah Pemuda” adalah keputusan Kongres Pemuda Kedua yang diselenggarakan dua hari, 27-28 Oktober 1928 di Batavia (Jakarta).

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan