Panwaslu Kecamatan Cikadu Gelar Sosialisasi Pengawasan Pemilu Partisipatif

Kabar Desa Pemilu
Ketua Panwaslu Kecamatan Cikadu Deni Hendrik menyampaikan Sambutan, Kamis (22/11/2018) (Dok. Sugih)

Kamis, (22/11/2018) Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kecamatan Cikadu menggelar Sosialisasi Pengawasan Partisipatif bagi PNS, Kepala Desa,BPD, dan Masyarakat Umum dalam rangka mengawasi Pemilihan Umum Tahun 2019. Kegiatan yang dilaksanakan Kantor Sekretariat Panwaslu Kecamatan Cikadu tersebut dibuka oleh Ketua Panwaslu Kecamatan Cikadu Deni Hendrik, dan dihadiri oleh Koordinator Divisi Penanganan Pelanggaran Ali Imran serta Kepala Sekretariat Panwaslu Kecamatan Cikadu Taryana,S.Pd.

Ketua Panwaslu Kec. Cikadu Deni Hendrik dalam sambutannya menyampaikan kegiatan ini sangat penting sebagai wujud tanggung jawab dan kewajiban semua pihak dalam upaya mensukseskan pelaksanaan Pemilu secara langsung, aman, tertib, adil, dan berkualitas di wilayah Kecamatan Cikadu. Oleh karena itu, saya harapkan kepada seluruh masyarakat, terutama para Kepala Desa sebagai kepala wilayah yang lebih dekat kepada masyarakat agar dapat menghimbau/mengajak masyarakat di wilayahnya masing-masing untuk berperan aktif dalam pengawasan Pemilu 2019 serta diharapkan pula terwujudnya koordinasi untuk menemukan solusi terhadap permasalahan yang dihadapi secara preventif.

Kepala Sekretariat Panwaslu Kec. Cikadu Taryana,S.Pd. menyampaikan Sambutan, Kamis (22/11/2018) (Dok. Sugih)

Sementara itu, Kepala Sekretariat Panwaslu Kec. Cikadu Taryana dalam sambutannya menyampaikan Panwaslu Kec. Cikadu masih membutuhkan partisipasi dan peran serta masyarakat untuk membantu Pengawasan Pemilihan dalam melakukan pengawasan Pemilihan Umum tahu 2019 di wilayah Kecamatan Cikadu, mengingat personil Panwaslu Kec. Cikadu yang hanya berjumlah 21(dua puluh satu) orang, sedangkan peserta Pemilu yang harus diawasi banyak. Dirinya menjelaskan, strategi pengawasan yang dilakukan oleh lembaga pengawasan adalah melalui pendekatan preventif (pencegahan) dan pendekatan refresif (penindakan). Lebih lanjut, Taryana juga menyampaikan masyarakat jangan takut untuk melaporkan dugaan pelanggaran kepada Panwaslu atau Pengawas yang ada di Desa masing-masing.

Dokumentasi

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan