Pemdes Cikadu Lakukan Pembinaan Kepada Para RT se-Desa Cikadu

Kabar Desa Kegiatan Desa Pemerintahan
Camat Cikadu, Wodi Efyana,S.E. menyampaikan materi dalam kegiatan Pembinaan RT, Senin (26/11/2018) (Dok. Reza)

CIKADU.desa.id – Pemerintah Desa Cikadu, Kecamatan Cikadu, Kabupaten Cianjur menggelar Pembinaan Administrasi Kependudukan kepada Ketua Rukun Tetangga (RT) se-Desa Cikadu. Kegiatan yang dilaksanakan Senin (26/11/2018) di Aula Desa Cikadu ini dibuka oleh Sekretaris Desa Cikadu, Ade, dan dihadiri oleh Camat Cikadu, Wodi Efyana,S.E., Sekretaris Kecamatan Cikadu, Kusman,S.Pd., Kapospol Cikadu, Brigadir Kuswala, Ketua BPD Desa Cikadu, Drs. Martono.

Camat Cikadu, Wodi Efyana dalam sambutannya menyampaikan kegiatan ini memiliki arti penting sebagai wujud tanggung jawab dan kewajiban Kecamatan dan Desa dalam upaya meningkatkan pengetahuan dan kemampuan para Ketua RT/RW yang merupakan ujung tombak pelayanan pemerintah kepada masyarakat. Oleh karena itu, saya harapkan kepada para RT/RW untuk senantiasa jujur dan teliti dalam melaksanakan pekerjaan, terutama yang berkaitan dengan Administrasi Kependudukan serta diharapkan pula terwujudnya koordinasi dengan Pemerintah Desa dan Badan Permusyawaratan Desa untuk menemukan solusi terhadap permasalahan yang dihadapi para RT/RW. Selanjutnya Camat menekankan kepada RT/RW untuk melaporkan Data Kependudukan secara berkala kepada Pemerintah Desa.

Para RT/RW dalam kegiatan Pembinaan RT di Aula Desa Cikadu, Senin (26/11/2018) (Dok. Reza)

Sementara itu, Sekretaris Camat Cikadu, Kusman dalam sambutannya mengatakan Administrasi Kependudukan merupakan hal yang sangat penting, karena Administrasi Kependudukan berkaitan dengan anggaran Alokasi Dana Desa (ADD) dan Dana Desa (DD) serta Dana Bantuan Sosial. Oleh karena itu, Administrasi Kependudukan di lingkungan RT harus benar-benar akurat, karena kalau di tingkat bawah akurat maka otomatis di tingkat yang lebih tinggi juga akan akurat. Lebih lanjut, Sekmat menegaskan untuk membuat Dokumen Kependudukan harus disertai Surat Pengantar dari RT/RW, kalau tidak ada pengantar jangan di proses.

Sekmat Cikadu, Kusman,S.Pd. menyampaikan tata cara pengisian Buku Administrasi Kependudukan dalam kegiatan Pembinaan RT di Aula Desa Cikadu, Senin (26/11/2018) (Dok. Reza)

Dokumentasi

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan