Iwa Karniwa: 2019 Nanti Kita Bisa ke Cikadu dalam Waktu 2,5 Jam

Kabar Desa Lingkungan
Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Barat, Iwa Karniwa. (Foto: Mochamad Solehudin/detik.com)

CIKADU.desa.id – Sebagaimana diketahui, beberapa tahun belakangan ini Pemerintah Provinsi Jawa Barat sedang gencar gencarnya menata infrastruktur di Jawa Barat (Jabar) Selatan, salah satunya Jalan.

Sejak 2013 lalu Pemprov Jabar mengerjakan proyek pembangunan Jalan Cikadu-Ciwidey. Jalur sepanjang kurang lebih 120 kilo meter ini merupakan jalur strategis, karena dengan jalur ini jarak tempuh dari Ciwidey ke Cianjur Selatan (Cikadu, Cidaun dan sekitarnya) menjadi lebih singkat. Dengan waktu tempuh yang singkat, maka otomatis perpindahan barang dan orang juga akan lebih singkat. Imbasnya roda perekonomian di Cikadu dan sekitarnya akan lancar.

Saat ini progres pembangunannya pun sudah mencapai 70 persen dan ditarget selesai akhir Desember 2019 mendatang seperti dilansir dari laman detik.com Rabu (28/11/2018), Sekretaris Daerah Jabar Iwa Karniwa menuturkan, progres pembangunan jalan tersebut telah mencapai 70 persen. Saat ini kondisi jalan tengah dibenahi dengan proses hotmix maupun pengecoran dengan target selesai akhir Desember 2019 mendatang.

“Dulu waktu tempuh harus delapan jam, akhirnya pada 2019 nanti kita bisa ke Cikadu dalam waktu 2,5 jam melalui Soreang-Ciwidey dan langsung Cikadu,” ucapnya.

Menurutnya, Jalan Cikadu dibangun sebagai upaya membuka akses menuju Jabar selatan. Selain itu melancarkan arus distribusi hasil pertanian, peternakan dari kawasan Jabar Selatan, seperti Cianjur Selatan, Ciamis Selatan sampai Pangandaran.

“Jadi Cikadu ini baru panjang total 120 km, langsung tembus ke Cidaun. Motong jalan tidak lewat Naringgul karena Naringgul tidak bisa memuat mobil besar,” ucapnya.

Sumber: https://m.detik.com/news/berita-jawa-barat/d-4318989/dibangun-jalur-baru-ciwidey-cianjur-selatan-jadi-25-jam?utm_source=whatsapp&utm_campaign=detikcomsocmed&utm_medium=btn&utm_content=news

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan