Pentingnya Update Kartu Keluarga (KK) dan Kartu Tanda Penduduk (KTP)

Kabar Desa Kependudukan
Ilustrasi : titiknol.co.id

Kartu Keluarga (KK) merupakan dokumen kependudukan yang memuat kejelasan hubungan dan susunan sekelompok penduduk yang tinggal bersama dan membentuk satu kesatuan keluarga menjadi dasar dalam penerbitan KTP dan pelayanan masyarakat lainnya. Sedangkan Kartu Tanda Penduduk (KTP) merupakan keterangan jati diri penduduk yang menjelaskan tentang nama, jenis kelamin, tempat tanggal lahir, status perkawinan, pekerjaan, alamat, golongan darah dan agama. KTP merupakan alat bukti sah dan menjadi dasar dalam proses pelayanan masyarakat.

Kartu Keluarga (KK) dan Kartu Tanda Penduduk (KTP) merupakan dokumen kependudukan yang sangat penting dan menjadi dokumen utama dalam pelayanan masyarakat di berbagai bidang. Oleh sebab itu, merupakan suatu keharusan untuk melakukan pembaruan setiap terjadi peristiwa penting (kelahiran, kematian, perkawinan, perceraian, pengakuan anak, pengesahan anak, pengangkatan anak, perubahan nama, perubahan kewarganegaraan dan perubahan jenis kelamin).

Berbeda dengan dokumen kependudukan lain yang jarang mengalami perubahan data seperti Akta Kelahiran, Kartu Keluarga (KK) dan Kartu Tanda Penduduk (KTP) akan terus mengalami perubahan, terutama untuk Kartu Keluarga (KK). Bahkan, Kartu Keluarga (KK) bisa saja harus dilakukan perubahan tiap tahun. Semisal tahun ini anak belum sekolah, kemudian tahun depan sudah masuk SD, maka harus segera diubah karena ada perubahan di kolom Pendidikan dan Jenis Pekerjaan. Perubahan tersebut untuk akuratnya data kependudukan, ketika dilakukan pengelompokan status pendidikan. Selain itu, dengan melakukan pembaruan setiap terjadi peristiwa penting akan memudahkan proses pelayanan masyarakat. Maka dari itu, mari tertib administrasi kependudukan mulai dari sekarang.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan