Arenga Pinatta Tanaman Palem Seribu Manfaat

Kebun Aren Milik Salah Satu Warga Desa Cikadu. (Dok. Patriot Desa)

Enau/aren/kawung merupakan salah satu tanaman serbaguna. Tanaman yang termasuk keluarga Arecaceae (palem-paleman) ini banyak tumbuh subur di wilayah pinggiran kota (Desa). Tanaman dengan nama Biologi Arenga pinnata ini memiliki beragam manfaat pada setiap bagian pohonnya, salah satunya nira. Nira aren biasa dimanfaatkan sebagai bahan baku gula merah/gula aren oleh para pengrajin gula.

Sebagaimana umumnya masyarakat desa yang menggantungkan pada hasil bumi. Hal yang sama juga terjadi di Desa Cikadu, Kecamatan Cikadu, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. Masyarakat Desa Cikadu banyak yang menjadikan hasil bumi sebagai mata pencaharian, salah satunya berprofesi sebagai pengrajin gula aren.

Lodong Alat Untuk Menampung Nira Aren. (Dok. Patriot Desa)

Jumlah gula aren yang dapat dihasilkan oleh para pengrajin gula di Desa Cikadu kurang lebih empat belas ton per minggunya. Gula aren tersebut dijual kepada para pengepul yang nantinya akan didistribusikan di salah satu pasar di Kabupaten Bandung karena di Cianjur belum ada pengepul yang mampu menampung gula aren dalam jumlah banyak. Waktu tempuh yang menjadi kendala warga desa untuk menjual hasil alamnya membuat petani Cikadu menjual hasil bumi ke Kabupaten Bandung.

Kolang-Kaling Adalah Buah Pohon Aren Yang Biasa Dijadikan Rujak/Kolak. (Dok. Patriot Desa)

Selain diambil nira untuk diolah menjadi gula aren, buah dari pohon aren pun bisa dikonsumsi, kolang-kaling salah satu bahan baku pelengkap untuk membuat kolak, sirup, maupun manisan. Para petani di Desa Cikadu biasa memanen kolang-kaling menjelang bulan Ramadhan untuk memenuhi permintaan pasar. ***

Penulis: Almy Indriani

Editor: Pandu Desa Indonesia

About Pemdes Cikadu 153 Articles
Sistem Informasi Desa Cikadu dikelola oleh Redaksi (SID) Desa Cikadu Kecamatan Cikadu Kabupaten Cianjur Provinsi Jawa Barat - Indonesia 43276

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan