BPD Desa Cikadu Ikuti Pembinaan Peningkatan Kapasitas

Kabar Desa Pemerintahan
Kegiatan Pembinaan Peningkatan Kapasitas Badan Permusyawaratan Desa oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kab. Cianjur di Aula Desa Padaluyu, Rabu (12/12/2018) (Foto: Ali Imran)

CIKADU.desa.id – Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Desa Cikadu mengikuti pembinaan peningkatan kinerja yang diselenggarakan oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Cianjur di Aula Desa Padaluyu, Rabu 12 Desember 2018.

Kegiatan yang diikuti oleh 50 (lima puluh) orang Anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) dari 10 (sepuluh) Desa yang ada di Kecamatan Cikadu ini dilakukan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Cianjur sebagai upaya meningkatkan kinerja Badan Permusyawaratan Desa (BPD) mengingat Badan Permusyawaratan Desa (BPD) menempati posisi yang sangat penting dalam Sistem Pemerintahan Desa sekarang ini.

Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Cianjur akan terus melakukan pembinaan kepada Badan Permusyawaratan Desa (BPD) yang ada di Kabupaten Cianjur hingga 31 Desember 2018 nanti sebagaimana tertuang dalam surat Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Cianjur Nomor: 141.1/1154/Tapemdes tertanggal 04 Desember 2018.

Badan Permusyawaratan Desa (BPD) sendiri adalah lembaga yang bertugas membahas dan menyepakati Rancangan Peraturan Desa bersama Kepala Desa, menampung dan menyalurkan aspirasi masyarakat Desa dan mengawasi kinerja Kepala Desa serta jajarannya sebagaimana tertuang dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 110 tahun 2016 tentang Badan Permusyawaratan Desa. Badan Permusyawaratan Desa (BPD) dapat dianggap sebagai “parlemen”-nya Desa.

Lebih lengkap mengenai Badan Permusyawaratan Desa (BPD) silakan merujuk ke Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 110 tahun 2016 tentang Badan Permusyawaratan Desa yang bisa Anda unduh di sini.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan