Buah Atap, Cemilan Putih Lonjong dan Kenyal

Buah Kolang-Kaling Sebelum di Proses (Dok. Patriot Desa)

cikadu.desa.id – Buah atap atau yang lebih dikenal dengan sebutan kolang-kaling/ cengkaleng merupakan buah pohon aren. Semua orang pasti sudah tidak asing lagi dengan buah yang satu ini. Kolang-kaling banyak diolah para petani aren ketika menjelang bulan ramadhan sebagai bahan baku manisan atau kudapan lainnya.

Pengolahan kolang-kaling dimulai dari pemilihan buah, buah yang berkualitas bagus adalah buah yang baru setengah tua (orang sunda menyebutnya lumiat), buah yang seperti ini teksturnya masih kenyal dan tidak mudah pecah.

Proses Perebusan Kolang- Kaling. (Dok. Patriot Desa)

Setelah pemilihan buah, proses selanjutnya yaitu direbus selama kurang lebih 6 jam dengan api sedang. Setelah dirasa cukup, kemudian di kuliti lalu di tumbuk agar bentuknya agak tipis. Proses berikutnya yakni direndam selama beberapa hari, biasanya 3-7 hari.

Proses Pengupasan Kolang- Kaling. (Dok. Patriot Desa)

Setelah direndam selama 7 hari, kolang-kaling bisa diolah menjadi kudapan yang menyegarkan salah-satunya diolah menjadi manisan, manisan yang menjadi ciri khas khususnya di Cianjur ini banyak diminati masyarakat. Terutama ketika hari raya idul fitri, manisan yang diolah bisa ditambahkan warna-warna alami seperti dari buah-buahan ataupun daun telang.

Manisan Kolang-Kolang Dengan Macam-Macam Warna Alami. (Dok. Google)

Manisan kolang kaling sangat mudah dibuat. Membuatnya sendiri makin menyenangkan karena bisa berkreasi warna sesuka hati. Apalagi pewarna yang digunakan bersumber dari bahan-bahan alami. Supaya, segala kandungan gizinya yang alami tak terdistraksi oleh pewarna sintetis. Selain itu, menggunakan pewarna alami adalah salah satu bentuk ikhtiar untuk mengurangi tiga zat karsinogenik, yang biasa terkandung dalam makanan, yaitu pewarna, pengawet dan perasa.

Penulis : Almy Indriani

Editor : Pandu Desa Indonesia

About Almy Indriani 2 Articles
Patriot Desa Cikadu Januari - Desember 2022

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan