Inilah Momen HUT Republik Indonesia Ke 74 Tahun

Kabar Desa Kegiatan Desa Pemerintahan Seni dan Kebudayaan

CIKADU, – Antusias masyarakat Desa Cikadu Kecamatan Cikadu Kabupaten Cianjur Provinsi Jawa Barat, untuk memperingati Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke 74 tahun, pada 17 Agustus 2019 amat sangat tinggi.

Iring-iringan warga Desa Cikadu dari berbagai kalangan, anak kecil usia Pendidikan Usia Dini hingga veteran pun ikut mewarnai kemeriahan HUT Republik Indonesia ke 74 tahun ini. Dalam proses menuju lapangan upacara, panitia PHBN (Peringatan Hari Besar Nasional) telah melaksanakan penilaian terhadap iring-iringan berdasarkan wilayah kedusunan.

Peserta Upacara – Dirgahayu Republik Indonesia ke 74 tahun

Keanekaragaman serta karakteristik dari wilayah di Desa Cikadu, menjadikan barisan iring-iringan disetiap kedusunan amat berbeda, misal dari kategori alat kesenian / kebudayaan yanh mereka bawa atau ditabuh, misal alat seni dog-dog, kategori sekolah, hasi bumi yang diarak atau jampana, dongdang, hingga hasil olahan masyarakat. Suasana kearipan lokalnya masih kentara dan masih dipertahankan.

Prosesi Upacara Bendera yang digelar pun berjalan dengan penuh kidmat, ini berkat semuanya dalam mensukseskan acara HUT Republik Indonesia ini. Dari Pasukan Pengibar Bendera (PASKIBRA) yang dibawakan oleh siswa-siswi terbaik dari SMK Negeri 1 Cikadu, Panitia acara, petugas upacara, peserta upacara atau masyarakat, pengamanan, petugas kesehatan dan semua yang terlibat dalam kegiatan ini.

Kepala Desa Cikadu, Jaelani sebagai Pembina Upacara membacakan sambutan Plt. Bupati Cianjur, dihadapan masyarakat pada saat upacara dengan lantang. Adapun pembacaan teks UUD 45 dibacakan oleh Ketua RW, Proklamasi oleh Anggota BPD, Pancasia oleh Guru dan Do’a oleh Tokoh Agama.

Warga Masyarakat Desa Cikadu Pasca Upacara Bendera

Hingga upacara usai, semuanya berjalan dengan lancar, tanpa ada halang rintang yang menyebabkan proses Peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke 74 tahun tidak terlaksana. Selanjutnya setelah Upacara Bendera selesai, dilanjutkan dengan acara Pesta Rakyat. Pesta Kebudayaan, seni budaya lokal seperti perhelatan Wayang Golek hingga lomba panjat pinang, bisa dinikmati hingga tanggal 19 Agustus 2019.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan