Kartu Tanda Penduduk

KTP-el Tidak Perlu Diaktivasi

Kabar Desa Kependudukan
Kartu Tanda Penduduk
Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-el) (rri.co.id/Marga Rahayu)

Cianjur, Cikadu.desa.id – Belakang ini beredar pesan tentang aktivasi Kartu Tanda Penduduk elektronik (KTP-el) di berbagai media sosial (medsos) seperti WhatsApp, Facebook, Twitter, dan lain-lain.

“Bagi yg sudah punya E-KTP terbitan th.2012/2013, Segera AKTIFASI kan, cukup datang ke kecamatan tidak usah mengisi blanko apapun, hanya menunjukkan KTP dan KK, setelah itu sidik jari – selesai.

KTPnya tetap KTP yg lama, hanya akses/masa berlakunya dibuka untuk seterusnya/seumur hidup.

Contoh:

KTP si A masa berlakunya habis tgl 21 Maret 2017, karena tidak tahu dan hanya menerima informasi bahwa KTPnya berlaku seumur hidup, maka si A santai2 saja dan si A hanya mengetahui kalau KTPnya dalam kondisi terblokir.

Begitu ada keperluan yg berhubungan dengan KTP.

KTP tsb tidak berfungsi, olehkarena itu….sebaiknya segera aktifasikan kembali ke kecamatan.

Caranya seperti yang tersebut di atas.

Semoga bermanfaat.”

Begitulah isi pesan yang beredar diluar sana. Dalam pesan tersebut disebutkan bahwa KTP-el / e-KTP yang habis masa berlakunya akan diblokir. Selain itu, dalam pesan tersebut juga dijelaskan cara reaktivasi (aktivasi ulang) KTP-el.

Lantas, benarkah KTP-el / e-KTP yang ada masa berlakunya akan diblokir kalau sudah melewati batas masa berlakunya?

Informasi yang menyebutkan bahwa Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-el) terbitan tahun 2012/2013 harus segera diaktivasikan merupakan informasi yang tidak benar. Sebab, dalam Pasal 101 Huruf C Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2013 tentang Administrasi Kependudukan dinyatakan bahwa KTP-el yang sudah diterbitkan sebelum Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2013 ditetapkan berlaku seumur hidup. Selain itu, dalam Pasal 64 ayat (7) huruf a Undang-Undang yang sama (UU/24/2013) juga disebutkan KTP-el untuk Warga Negara Indonesia masa berlakunya seumur hidup.

KTP-el untuk: a. Warga Negara Indonesia masa berlakunya seumur hidup; dan b. Orang Asing masa berlakunya disesuaikan dengan masa berlaku Izin Tinggal Tetap” bunyi Pasal 64 ayat (7).

Sedangkan Pasal 101 huruf C berbunyi “KTP-el yang sudah diterbitkan sebelum Undang-Undang ini ditetapkan berlaku seumur hidup“.

Dengan demikian, KTP-el yang sudah habis masa berlakunya tidak perlu dilakukan aktivasi atau diperpanjang. Kecuali, ada perubahan elemen data seperti pindah alamat, ganti status, dan lain-lain. Itu baru harus di ubah.

Sumber: Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2013 Tentang Administrasi Kependudukan

Penulis: Reza Iskandar Malik

Editor:

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan