Lebihdari 1 Dekade Jalan Desa Ini Belum Kunjung Diperbaiki

Kabar Desa Lingkungan

Berjam-jam truk pengangkut hasil bumi, yang membawa gula aren dan buah pisang, yang dikendari Iwan terjebak dikubangan lumpur tanjakan Astana Pasirhuni ( TPU ), Jalan Pasirhuni Kampung Pasirhuni RT 002 RW 006 Dusun Karyamukti Desa Cikadu, Kecamatan Cikadu Kabupaten Cianjur Provinsi Jawa Barat.

Pemandangan seperti ini sudah lajim dijalanan Desa Cikadu, utamanya dijalan Dusun Karyamukti dan Dusun Cilaku. Pengendara sering terjebak ditanjakan penuh lumpur tanah, yang mengakibatkan sering selip dan lama-lama ban ambles ditempat. Dengan usaha berbekal sekam padi dan tarikan/dorongan tenaga manusia, kendaraan truk kadang-kadang keluar dengan mudah, namun jika nasib sedang nahas, semalam pun tidak kelar-kelar.

Meskipun tidak jauh dari jalur utama jalan provinsi yang dikelola oleh Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Jawa Barat, namun status jalan desa ini sudah lebihdari 15 tahun, tidak kunjung diperbaiki. Kondisi saat ini jalan berbatu kali dengan kondisi sudah rusak parah dengan kubangan disepanjang jalur. Kondisi semakin parah, seeiring waktu berjalan tanpa adanya pembangunan yang total untuk keseluruhan jalan.

Sejak 2015 adanya Dana Desa, pembangunan dibuat merata di 6 Dusun, itu pun jika tidak terganggu pembangunan lainnya. Sejak 2019 Pembangunan Jalan Desa di Dusun Karyamukti sudah tidak ada lagi jalan yang dibangun. Alokasi pembangunan jalan Dusun Karyamukti tahun 2020, dialokasikan total untuk Bantuan Langsung Tunai (BLT) Desa, Penanganan Covid-19 sesuai intruksi pusat. Padahal masyarakat didesa ini, tidak terkena dampak Covid-19 sama sekali.

Sepanjang kurang lebih 8 KM jalan di 2 Dusun ini, sejak 2015 baru terbangun kurang lebih 1,6 KM (1.600 m), dengan status rabat beton dan sebagian sudah rusak kembali. Sumber dananya dari Dana Desa, Bantuan Provinsi dan Bantuan Kabupaten.

Tinggalkan Balasan