Jabar Saber Hoaks

Perangi Berita Bohong, Ridwan Kamil Bentuk Tim Jabar Saber Haoks

Kabar Desa Pemerintahan
Jabar Saber Hoaks
Gambar: Laman Facebook Jabar Saber Hoaks

CIKADU.desa.id – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil atau yang lebih dikenal dengan Kang Emil memang terkenal dengan inovasinya. Seperti yang baru baru ini dilakukannya, mantan Wali Kota Bandung itu membentuk Tim Jabar Saber Hoaks sebagai upaya meminimalisir penyebaran berita bohong (hoaks) di Jawa Barat. Tim ini dilauching Kang Emil di Gedung Sate, Bandung, Jum’at (7/12/2018).

JABAR SABER HOAKS hari ini resmi dibentuk. Tugasnya memverifikasi berita yang diminta masyarakat dan rutin mingguan menyampaikan daftar informasi mana yang hoaks kepada masyarakat. Akun Jabar Saber Hoaks hadir di IG, FB, Twitter, Line dan WA. Semoga dengan ini Jawa Barat punya benteng yang kokoh dari serbuan berita bohong yang meresahkan dan menyesatkan. Semoga di masa depan Jawa Barat selalu damai aman dan kondusif menjemput Jabar Juara Lahir bathin.” tulis Kang Emil di halaman Facebook-nya, Jum’at (7/12/2018).

Jawa Barat Sapu Bersih Hoaks (Jabar Saber Hoaks) adalah tim kerja khusus dengan peran dan tanggung jawab untuk memberikan informasi terkini dan terakurat pada masyarakat Jawa Barat khususnya perihal informasi, disinformasi dan hoaks. Tim ini bekerja menerima laporan atau pengaduan masyarakat yang ingin memastikan kebenaran satu informasi dengan membuka sejumlah saluran pengaduan diantaranya nomor Whatsapp 08211-8670-700 serta lewat akun media sosial yakni Facebook.com/official.jabarsaberhoaks dan akun @jabarsaberhoaks di Instagram, Twitter, dan Line.

Namun, menurut informasi yang kami dapatkan, tim ini hanya akan memverifikasi laporan / aduan konten yang ada kaitannya dengan Jawa Barat saja. Meski demikian, setidaknya sekarang warga Jabar bisa mengetahui mana berita palsu dan mana berita benar tentang Jawa Barat. Jadi, untuk warga Desa Cikadu khususnya, umumnya warga Jabar yang melihat/mengetahui berita yang berkaitan dengan Jawa Barat yang diduga hoaks silakan laporkan ke akun media sosial Jabar Saber Hoaks untuk Jawa Barat.


Syarat Pelaporan :
Cantumkan Nama, Alamat sesuai KTP dan Nomer Telepon.
Kirimkan laporan wargi Jabar melalui messenger, DM IG atau japri langsung ke hot line JSH (Chat Only) untuk menjaga kerahasiaan identitas pelapor.
Identitas wargi Jabar AMAN dan Di RAHASIAKAN


Sampai saat ini tim Jabar Saber Hoaks sudah memverifikasi 7 (tujuh) berita yang diduga palsu di akun media sosialnya, mulai dari berita Jembatan Gadog Bogor Ambruk hingga berita tabung LPG yang mudah terbakar.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan