Tingkatkan Kesadaran Gizi Ibu Hamil dan Balita, Nusantara Sehat Prakarsai Program Ngerumzi

Ngobrol Bareng Ahli Gizi Program Nusantara Sehat. (Dok. Patriot Desa)

cikadu.desa.id – Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) Dahlia merupakan salah satu Posyandu yang ada di Desa Cikadu, tepatnya di Kampung Cimenteng Dusun Cilaku Desa Cikadu. Posyandu ini rutin melaksanakan kegiatan ke-posyanduan pada tanggal 11 setiap bulannya. Namun ada hal yang tidak biasa pada kegiatan Posyandu Dahlia hari ini, Jum’at (11/3/2022). Posyandu tersebut disambangi dara cantik Ahli Gizi Program Nusantara Sehat (NS) Kementerian Kesehatan RI, Rani Wulandari, S.Tr.Gz.


Kedatangan Ahli Gizi ke Posyandu Dahlia ini sebagai implementasi Program Ngobrol Bareng Ahli Gizi (NGERUMZI) yang diprakarsai Tim Nusantara Sehat yang bertugas di Kabupaten Cianjur, khususnya di Puskesmas Cikadu. Tujuan dari Program Ngobrol Bareng Ahli Gizi ini adalah untuk meningkatkan kesadaran gizi ibu hamil  dan balita, menurunkan angka kejadian ibu hamil Kekurangan Energi Kronis (KEK) serta bayi gizi buruk.

Antusias Ibu Hamil, Menyusui, dan Balita di Acara Ngobrol Bareng Ahli Gizi. (Dok. Patriot Desa)

Program ini merupakan program berkelanjutan selama 2 tahun kontrak kerja Tim Nusantara Sehat yang mencakup 5 Desa di wilayah kerja Puskesmas Cikadu; Cikadu, Cisaranten, Mekarlaksana, Padaluyu, Sukaluyu. Dengan rincian masing-masing Desa mendapat kesempatan dua kali dalam 1 tahun untuk 3 Posyandu dan disesuaikan dengan kerentanan gizi buruk di wilayah kerja Posyandu tersebut.

Selain Ngerumzi, Tim Nusantara Sehat ini juga mencanangkan Program Kiper Gizi (Kelompok Ibu Hamil Peduli Gizi). Adapun tujuan program Kiper Gizi ini kurang lebih sama dengan Ngerumzi, hanya saja pada Kiper Gizi sasaran yang diutamakan adalah para ibu hamil. Program ini juga program berkelanjutan Tim Nusantara Sehat dengan rincian kesempatan sama dengan program Ngerumzi, dengan begitu untuk Desa Cikadu yang punya 6 Posyandu tiap Posyandunya akan mendapat giliran kedatangan Ahli Gizi ini setidak 1 kali dalam 1 tahun.

Dokumentasi Kegiatan. (Dok. Patriot Desa)

Sekadar informasi, pada kesempatan Jum’at (11/3/2022) pagi tersebut hadir pula Ketua TP PKK Desa Cikadu, Lilis Rustandi, Sekretaris TP PKK Desa Cikadu Mulyanah, serta Patriot Desa Jawa Barat Almy Indriani dalam rangka kunjungan kerja dan untuk memastikan semangat di tengah kelangkaan minyak goreng warga (khususnya ibu hamil, ibu menyusui dan balita) datang ke Posyandu masih menggebu.  

Apa Itu Program Nusantara Sehat?

Program Nusantara Sehat bertujuan untuk menguatkan layanan kesehatan primer melalui peningkatan akses dan kualitas pelayanan kesehatan dasar di Daerah Tertinggal, Perbatasan dan Kepulauan Terluar (DTPK) dan Daerah Bermasalah Kesehatan (DBK).

Selain itu, juga mempunyai tujuan menjaga keberlangsungan pelayanan kesehatan, menggerakan pemberdayaan masyarakat dan dapat memberikan pelayanan kesehatan yang terintegrasi serta meningkatkan retensi tenaga kesehatan yang bertugas di DTPK.

Program ini merupakan program lintas unit utama di Kemenkes yang fokus tidak hanya pada kegiatan kuratif tetapi juga promotif dan preventif untuk mengamankan kesehatan masyarakat (public health) dari daerah yang paling membutuhkan.

Program Nusantara Sehat melalui penempatan tenaga kesehatan berbasis tim, dilakukan berdasarkan hasil kajian terhadap distribusi tenaga kesehatan yang dilaksanakan oleh Kementerian Kesehatan pada 2012. Salah satu rekomendasi kajian menunjukkan bahwa penempatan tenaga kesehatan untuk daerah tertentu lebih baik jika dilakukan berbasis tim.

Kajian tersebut ditindaklanjuti dengan uji coba penempatan tenaga kesehatan berbasis tim pada tahun 2014 di 4 Puskesmas pada 4 kabupaten di 4 Propinsi (Sumatra Utara, Kalimantan Barat, Maluku dan Papua) dan berhasil meningkatkan kunjungan puskesmas serta upaya kesehatan masyarakat. Dari segi tenaga kesehatan mereka merasa lebih nyaman karena ditempatkan dan bekerja dalam satu tim. Kemenkes Buka Rekrutmen Program Nusantara Sehat 2022, Cek Syaratnya!, Dandy Bayu Bramasta. (2022). Kompas.

Penulis: Almy Indriani

Editor: Pandu Desa

Referensi: Kompas.com

About Pemdes Cikadu 153 Articles
Sistem Informasi Desa Cikadu dikelola oleh Redaksi (SID) Desa Cikadu Kecamatan Cikadu Kabupaten Cianjur Provinsi Jawa Barat - Indonesia 43276

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan