Tingkatkan SDM Kadernya, TP PKK Desa Cikadu Gandeng Patriot Desa Jabar

Peningkatan Kapasitas Masyarakat Melalui Pelatihan Pembuatan Jamu Instan, Sabtu (12/3/2022). (Dok. Pandu Desa Indonesia)

cikadu.desa.id – Kolaborasi Patriot Desa Jawa Barat dan Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Desa Cikadu Kecamatan Cikadu Kabupaten Cianjur menginiasiasi kegiatan Pelatihan Pembuatan Jamu Instan kepada kader PKK, Sabtu, (13/3/2022) pagi.

Kegiatan ini sebagai salah satu upaya peningkatan kapasitas masyarakat, khususnya kader PKK sebagai Lembaga Kemasyarakatan Desa (LKD) yang salah satu tugasnya menghimpun, menggerakkan dan membina potensi masyarakat, khususnya keluarga untuk terlaksananya program-program TP PKK.

Tahap Awal Proses Pembuatan Jamu Instan. (Dok. Pandu Desa Indonesia)

Dalam kaitannya dengan upaya untuk membina dan mengembangkan potensi keluarga, dapat dilakukan pelatihan pembuatan jamu instan dari bahan empon-empon yang mudah diperoleh dari dapur rumah tangga (Permata, dkk., 2016). Jika dibandingkan dengan pabrik jamu dengan kapasitas besar, alat produksi yang dibutuhkan dalam pembuatan jamu instan skala rumah tangga tidak banyak dan rumit.

Alternatif ini dipilih mengingat ibu-ibu PKK di wilayah Desa Cikadu belum pernah mendapatkan pelatihan seperti ini dan diharapkan dengan adanya pelatihan ini dapat menjadi bekal untuk merintis usaha. Kegiatan ini juga dapat dilakukan di rumah masing-masing sehingga ibu-ibu PKK lebih mudah menyesuaikan dengan perannya sebagai ibu rumah tangga.

Kegiatan pelatihan dibuka oleh Ketua TP PKK Desa Cikadu Lilis Rustandi pada pukul 09.15 WIB. Setelah acara dibuka, selanjutnya langsung masuk ke acara inti, yakni pelatihan, dimulai dari pemaparan materi pembuatan jamu instan yang disampai oleh pemateri tunggal dari Patriot Desa Jawa Barat Almy Indriani. Dalam sesi materi ini para peserta diberi pemahaman tentang alat dan bahan, prosedur kerja dan diagram alir pembuatan jamu instan.

Proses Pencampuran Bahan Jamu Instan. (Dok. Patriot Desa)

Setelah sesi materi selesai, kemudian dilanjutkan ke sesi praktik. Pada sesi praktik ini para peserta dipandu tahap demi tahap, dari mulai tahap awal pembersihan bahan sampai dengan tahap akhir penghalusan kristal jamu dan pengemasan.

Acara yang berlangsung di Aula Desa Cikadu ini dihadiri oleh kader PKK Desa Cikadu dan Siswa-Siswi SMKN 1 Cikadu.***

Penulis: Almy Indriani

Editor: Pandu Desa Indonesia

About Pemdes Cikadu 153 Articles
Sistem Informasi Desa Cikadu dikelola oleh Redaksi (SID) Desa Cikadu Kecamatan Cikadu Kabupaten Cianjur Provinsi Jawa Barat - Indonesia 43276

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan