Transparansi Desa Kita Sebuah Kewajiban yang Diamanatkan oleh Undang-Undang

Logo TDK Versi Asli. (Dok. tdk.web.id)

cikadu.desa.id – TDK – Transparansi Desa Kita. Mungkin sebagian dari kalian pernah membaca/ mendengar kata/ kalimat tersebut. Pada kesempatan kali ini mimin mau mencoba membedah/ menjabarkan apa itu TDK.

Apa yang dimaksud Transparansi Desa Kita?

TDK adalah sebuah gerakan warga desa yang ingin membuktikan dan menunjukkan kepada dunia, bahwa Desa itu dapat dipercaya, dengan cara yang sederhana namun mudah dipahami oleh siapa dan dimana saja.

Cara yang dimaksud adalah dengan VISUALISASI berbagai informasi dan data desa yang menjadi isu penting dalam transparansi, seperti Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJMDes), Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes), Laporan pembangunan, Publikasi kegiatan desa dll, sebagai bagian dari amanat UU No. 6 tahun 2014 tentang Desa.

Inisiatif ini dimulai di Banyumas, Jawa Tengah, pada Maret, 2016 dengan dua desa pelopor, Melung dan Dermaji. Alhamdulillah, kini semangat gerakan ini berkembang hingga ke seluruh Indonesia.

Harapan kami, inisiatif desa ini dapat menginspirasi seluruh lembaga publik Indonesia, baik pemerintah daerah hingga pemerintah pusat. Karena menjadi transparan itu tidak sulit, bahkan bisa sangat menyenangkan, apalagi didukung dengan media komunikasi visual yang baik dan menarik. Memudahkan semua pihak memahami bagaimana lembaga publik bekerja, sekaligus sebagai bentuk pertanggung jawaban.

Logo TDK Versi Redesign. (Dok. Pandu Desa Indonesia)

Gerakan ini diinisiasi oleh Mas Soep (Supriyanto), seorang sarjana ekonomi dari Banyumas, Jawa Tengah yang sukses berkarir di bidangnya namun kemudian terjerumus  ke dunia kerelawanan dengan harapan bisa membangun Indonesia dari Desa dengan bergabung menjadi Relawan TIK Indonesia.

Bagaimana dengan Desa Cikadu, apa sudah transparan?

Sejak tahun 2014 Desa Cikadu sudah mulai memanfaatkan media online (website dan facebook) untuk mempublikasikan kegiatan-kegiatan desa. Kemudian pada tahun 2016 Desa Cikadu mulai mempublikasikan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDesa) melalui Infografik APBDesa.

Transparansi bukan sebuah pilihan, tapi kewajiban.

Transparansi bukan sebuah pilihan, tapi kewajiban yang diamanatkan oleh Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik, Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa, dan Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 113 Tahun 2014 tentang Pengelolaan Keuangan Desa. Lebih dari itu, sudah seyogyanya lembaga publik dikelola dengan prinsip bersih, transparan dan akuntabel untuk mewujudkan penyelenggaraan pemerintahan yang baik (good goverment).***

Transparan bukan berarti telanjang. -Pandu Desa Indonesia, 2022-

Penulis: Pandu Desa Indonesia

Editor: Almy Indriani

Referensi: tdk.web.id

About Pemdes Cikadu 153 Articles
Sistem Informasi Desa Cikadu dikelola oleh Redaksi (SID) Desa Cikadu Kecamatan Cikadu Kabupaten Cianjur Provinsi Jawa Barat - Indonesia 43276

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan