Pemdes Cikadu Antusias Sambut Program Desa Broadband Kementerian KOMINFO RI

Gotong royong pemasangan alat Metrasat Telkom Indonesia

Program Desa Broadband Terpadu yang diberikan oleh Kementerian Komunikasi dan Informasi (KEMKOMINFO) Republik Indonesia melalui Balai Penyedia dan Pengelola Pembiayaan Telekomunikasi dan Informatika (BP3TI), sejak 20 Desember 2016 kini dirasakan manfaatnya oleh Pemerintahan Desa Cikadu dan masyarakat sekitarnya. Dalam prosesnya Pemerintah Desa Cikadu dibantu Badan Prakarsa Pemberdayaan Desa dan Kawasan (BP2DK) mengajukan usulan program internet desa kepada Kementerian Kominfo Republik Indonesia.

Pak Jaelani, Kepala Desa Cikadu (berpeci) dan Pak Wibawa, TNI saat mengabadikan moment
Pak Jaelani, Kepala Desa Cikadu (berpeci) dan Pak Wibawa, TNI saat mengabadikan moment

Antusias Pemerintah Desa Cikadu dalam membantu pemasangan alat dari Metrasat milik Telkom Indonesia selaku penyedia jaringan internet begitu kompak. Selain memberikan akses internet, Program Desa Broadband Terpadu juga, memberikan Sistem Informasi Desa berbasis online (website cikadu.desa.id) dan offline (App SIDeKa) dengan nama aplikasi Sistem Informasi Desa dan Kawasan (SIDeKa) yang telah dikelola oleh Pemerintah Desa Cikadu. Dengan SIDeKa pemerintah desa bisa mempromosikan potensi dan produk desanya, menginformasikan kondisi desanya, mengupdate data kependudukan dan transparansi Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDesa) secara terbuka kepada masyarakat, serta bentuk laporan kepada pemerintah.

“Bapak Kades Cikadu bersama Bapak Danpos dan Putra Cikadu saudara Nuron yang memasang jaringan internet WiFi dikantor Desa Cikadu, sabtu 24-12-2016. Inilah atas hasil perjuangan Putra Cikadu yang begitu ikhlasnya untuk memajukan Cikadu. Thank’s sdr Nuron,” ungkap Mirat S, Kaur Umum 25/12.

Terima Kasih kepada semua yang terus berjuang untuk desa – desa, sehingga desa menjadi bagian yang tak terpisahkan dari negara dan merupakan yang terdepan di masyarakat. Bersama Badan Pemberdayaan Desa dan Kawasan (BP2DK) dan Kantor Staf Presiden (KSP) yang terus kerjasama dalam membangun desa, sehingga Desa Cikadu ( cikadu.desa.id ) diusulkan dalam Program Desa Broadband Terpadu (DBT) BP3TI – Kementerian KOMINFO Republik Indonesia sebagai implementasi Program Prioritas Nawacita No 3. Hal ini tidak terlepas dari eksistensi dan jejaring yang terus dibangun dalam semangat Gerakan Desa Membangun (GDM – #5thGDM) bersama BP2DK dan anggota Relawan TIK sebagai motor penggerak pusat dan desa. Ini merupakan cara baru penyampaian desa agar diperhatikan, diketahui negara dan dibangun sebagaimana mestinya.#

*Semoga desa-desa sekitarnya sama-sama berjuang untuk kemandirian desa.

About Pemdes Cikadu 40 Articles
Sistem Informasi Desa Cikadu dikelola oleh Redaksi (SID) Desa Cikadu Kecamatan Cikadu Kabupaten Cianjur Provinsi Jawa Barat - Indonesia 43276

Jadi yang Pertama Berkomentar

Leave a Reply